Ragil Setio Pranowo namaku, tinggal di kota pahlawan Surabaya coret. Bermula dari hobi ayah dan kakakku yang suka memotret, pada akhirnya aku memberanikan diri untuk mencobanya. Tetapi pada awal tidak intensif karena mungkin saat itu kurangnya waktu untuk menekuninya dan juga keterbatasan dana. Maklumlah jaman itu ribet dengan semua ritual pemakaian rol film. Tetapi justru disitulah seninya. Film seluloid akan tersimpan selamanya dan membawa banyak kenangan.

Salah satu kenangan terindahku yaitu ketika aku SMA dimana saat itu ada konsernya The Corrs, band favoritku, manggung di Senayan Jakarta. Berangkat bersama kakak dengan menenteng kamera Fujica plus lensa 50mm f2.0 Fujinon, 2 rol film, dan 1 buah flash. Sungguh memuaskan konser mereka dan senang bukan main bisa mengabadikan mereka di deretan depan panggung. Sempat juga di suatu hari aku mengabadikan konsernya M2M di Surabaya. Sungguh kepuasan tak ternilai mengabadikan mereka lewat kamera analog. Suatu hari foto-foto tersebut akan aku pasang di situsku ini.

Ketika aku kuliah di jurusan Desain dan Komunikasi Visual di salah satu perguruan tinggi di Surabaya, minatku akan fotografi semakin menggila. Kebetulan ada salah satu mata kuliah yaitu fotografi sampai 2 semester. Aku mendapatkan banyak ilmu di sana, mulai dari pemahaman alat, teknik memotret, teknik mencetak, dan lain-lain. Mulailah aku mengenali apa itu fotografi infrared, teknik olah digital, cinematografi, dan banyak lagi. Aku terus belajar dan mendalami segala macam tentang fotografi, tidak terbatas hanya pada teknik memotret atau menyukai motret genre tertentu. Pada jaman serba digital ini kita dituntut untuk selalu berinovasi akan hal-hal baru.